Search This Blog

Tuesday, August 15, 2006

PENTAYELEN, SI VAKSIN YANG MULTI FUNGSI

Baru-baru ini ada berita yang menarik dari Media Indonesia mengenai Vaksin PENTAYELEN, memang asing kedengaranya,tapi itu adalah vaksin tunggal yang disinyalir mampu mengantikan beberapa fungsi vaksin seperti Dipteri,Pertusis(batuk Rejan/batuk 100 hari),Hepatitis B dan Influensa tipe B. Dimana jika saat ini Vaksin yang digunakan adalah per jenis penyakit maka jika vaksin PENTAYELEN telah diluncurkan maka akan lebih efektif karena hanya sekali immunisasi saja, kelima jenis penyakit tersebut sudah dapat dicegah.

Kita tentunya berharap semoga dengan diketemukanya vaksin gabungan tersebut bermanfaat buat kita semua terutama bagi yang mempunyai anak-anak balita,karena jika dulu vaksinasi dilakukan sampai lima kali disamping balita merasa kesakitan,trauma dengan suntikan,maka PENTAYELEN mampu menjadi sahabat sekali saja buat para balita serta ibu-ibupun akan merasa senang karena balitanya hanya disuntik sekali saja.
Vaksin tersebut akan diluncurkan pada tahun 2007 mendatang, kata Bpk. Marzuki Abdullah, Direktur Utama ,PT Bio Farma. Rencanaya Pembuatan vaksin tersebut akan dikerjakan di Indonesia oleh PT Bio Farma bekerja sama dengan Perusahan dari Belanda . Dari pihak Indonesia, yang dalam hal ini PT Bio Farma hanya menyediakan fasilitas dan sumber daya manusia (SDM), sedangkan tenaga ahlinya akan didatangkan dari Belanda.

Untuk launching perdana kapasitas produksinya tergantung dari kebutuhan pemerintah,serta rencananya akan juga di ekspor ke negara-negara Asia dan Afrika, yang memang negara-negara tersebut masih membutuhkan vaksinasi, untuk dalam negeri vaksin tersebut akan didistribusikan ke 10 propinsi yang memerlukan vaksinasi.

Marilah kita tunggu hadirnya si "VAKSIN MULTIFUNGSI INI", sahabat anak Balita Anda.
(berita disadur dari Media Indonesia On-line "13/8/06",dengan gaya penyampaian bahasa yang berbeda,tanpa menguransi maksud dan tujuan dari penulis media indonesia :Eriez)

No comments: